Tips Merawat Bibir Agar Sehat dan Merah Alami

By | April 23, 2018

Sobat Nida, bibir merupakan satu-satunya anggota tubuh yang tidak memiliki kelenjar keringat dan kelenjar minyak. Oleh sebab itu bibir memerlukan pelembab agar tidak terasa kering.

Setiap orang tentunya menginginkan bibir yang sehat alami. Namun sayangnya pada sebagian orang, apalagi yang berjenis kulit kering mungkin akan merasakan bibir kering biasa bahkan hingga pecah-pecah. Bukan hanya faktor genetik, ada beberapa faktor eksternal juga yang dapat menyebabkan bibir kering. Seperti pemakaian lipstik, konsumsi kopi dan teh, rokok, alkohol, paparan sinar matahari secara langsung, kekurangan sayur dan buah, dan lainnya.

Untuk itu, Nida mau ngasih tips nih supaya bibir kita dapat sehat dan merah alami.

1. Penuhi kebutuhan air putih
Seperti yang sudah Sobat Nida ketahui bahwa sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Jika tubuh kekurangan air, bukan hanya bagian bibir saja yang kering dan pecah-pecah tetapi kulit tubuh juga biasanya akan kering dan bersisik.

Jadi kalau nggak mau bibirnya kering, penuhi kebutuhan air dalam tubuh ya Sob.

2. Scrubbing dengan gula dan madu
Mungkin Sobat Nida sudah banyak yang tahu bahwa gula dan madu dapat dimanfaatkan untuk perawatan bibir lho.

Caranya gampang banget. Cukup campurkan madu dan gula pasir, kemudian oleskan pada bibir dan gosok perlahan. Diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air. Lakukan cara ini secara rutin.

Tips Merawat Bibir Agar Sehat dan Merah Alami

Proses ini dapat membantu mengatasi sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kolagen pada bibir.

3. Jeruk nipis
Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dapat membantumu mengatasi masalah sel-sel kulit mati.

Cara menggunakannya juga mudah. Ambil perasan air jeruk nipis, campurkan dengan gula pasir dan oleskan kepada bibir sebagaimana menggunakan campuran madu dan gula pasir pada poin kedua.

4. Madu dan kunyit

Sobat Nida, kunyit memimiliki kandungan curcuminoid yang mana dapat bermanfaat untuk melembutkan dan memutihkan kulit. Membuat pasta madu dengan kunyit tentunya juga dapat membantu membuat bibir terlihat merah alami.

Campurkan bubuk kunyit dan madu, oleskan pasta tersebut ke bibir, diamkan beberapa menit, setelah itu bilas. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin E, mineral alami, dan antioksidan. Zat-zat ini dapat digunakan untuk mengembalikan warna bibir yang gelap agar terlihat merah alami kembali.

Cara menggunakannya pun mudah. Cukup oleskan minyak zaitun setiap hari selama beberapa menit. Bilas minyak zaitun menggunakan air dingin.

Selain tips di atas, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sebisa mungkin rutinlah berolahraga dan hindari merokok, minuman beralkohol, begadang dan hal-hal yang dapat membuat kulit kita cepat tua. Biasakan pula menggunakan lip balm sebelum beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan.

Jangan mengharap proses yang instan ya, karena bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami. Semoga tips di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *