Tips Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

By | April 25, 2018

Sobat Nida, sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai macam-macam gangguan haid dan penyebabnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi haid yang tidak teratur.

Sebelum menentukan langkah apa yang akan diambil untuk mengatasi gangguan haid tidak teratur, terlebih dulu harus melihat gejala yang muncul pada diri seseorang tersebut, sebab setiap orang biasanya memiliki masalah yang berbeda. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi masalah haid tidak teratur:

1. Pengobatan medis
Untuk mengetahui gangguan apa yang sebenarnya kita alami, langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Biasanya setelah melakukan beberapa tes dan mengetahui hasilnya, maka dokter akan memberikan saran pengobatan yang harus dijalani. Suplementasi hormon tiroid dapat dilakukan jika yang terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid, dan jika yang terjadi adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS) maka dapat diberikan pil KB atau hormon lain untuk memicu periode haid.

Namun jika ternyata yang bermasalah adalah struktur organ reproduksi, biasanya dokter akan memeriksa lebih lanjut sebelum berdiskusi dengan pasien terkait pengobatan medis lanjutan apa yang akan dilakukan. Pada sebagian pasien harus menjalani operasi.

2. Mengganti kontrasepsi
Jika setelah tiga bulan pemakaian alat kontrasepsi mengalami masalah haid yang tidak teraut, konsultasikan masalah haid yang dialami dengan dokter dan bagaimana solusi yang disarankan.

Tips Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

3. Terapi hormon
Bagi wanita yang mengalami masalah ketidakseimbangan hormon, ada baiknya melakukan terapi hormon untuk menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhnya.

4. Mengurangi stress
Usahakan untuk mengurangi stress dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

5. Pola hidup sehat
Biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan olahraga teratur. Penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, konsumsi air sesuai kebutuhan dan kurangi begadang.

6. Obat herbal alami
Jika ingin menggunakan atau mengonsumsi obat herbal jangan sembarangan ya Sob. Karena tidak semua yang herbal itu baik untuk tubuh.

Ada kok herbal alami yang dapat digunakan untuk membantu masalah haid. Misalnya dengan mengonsumsi teh jahe. Cara membuatnya gampang. Cukup parut atau geprek jahe segar, masukkan air panas dan campurkan sedikit madu. Minum teh jahe ini secara rutin 3 kali sehari.

Bisa juga mengonsumsi gel lidah buaya. Lidah buaya bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon yang berkaitan dengan haid. Mengonsumsinya pun gampang. Campurkan gel lidah buaya dengan madu dan itu sudah bisa langsung dinikmati. Lakukan cara ini secara rutin sampai dapat melihat hasilnya.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *