Tips Menangani Malware Gadis Mabuk

0
49

Sobat Nida… jika kita menengok beranda facebook tak jarang kita akan melihat teman kita menshare video “Gadis Mabuk”. Sudah dua minggu lebih malware atau program jahat “Gadis Mabuk” menjejali kabar di beranda atau malah notifikasi Facebook kita.

 

Berdasarkan opini perusahaan keamanan jaringan Vaksincom, tim keamanan Facebook tak bisa berbuat banyak sebab malware “Gadis Mabuk” tak memanfaatkan aplikasi milik Facebook melainkan menyebar lewat extension yang biasanya ada di peramban.

 

Di pekan pertama serangan “Gadis Mabuk” ini, penjahat siber membuat extension khusus untuk Google Chrome, dengan nama Atas Berita. Setelah ketahuan, mereka mulai menyerang Firefox.

 

Diamati Vaksincom, lalu, penjahat siber ini membuat varian baru dan mulai mengeksploitasi Firefox sejak 13 Desember 2014 .

 

Apabila korban mengklik link jebakan “Gadis Mabuk” yang tersebar di dinding Facebook, maka ia akan diarahkan ke situs phising yang mirip dengan YouTube. Alamatnya berada di beritavideo.info/gadis.

 

Tujuan dari situs tersebut agar korban mengira sedang berkunjung ke situs YouTube. Kemudian, korban akan dikelabui seakan harus menginstal extension untuk melihat video.

 

Jika korbannya mengklik plugin, maka ia akan mendapatkan peringatan dari Firefox bahwa beritavideo.info ingin melakukan instalasi software pada komputernya. 

 

Jika pengguna mengabaikan peringatan tersebut, secara otomatis peramban akan menginstal sebuah extension bernama “Full Screen 4.0”.

 

Nah, malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware “gadis mabuk” di wall Facebook. 

 

Khusus bagi pengguna peramban Firefox, jika terlanjur jadi korban, Vaksincom menyarangkan untuk melangkah langkah-langkah ini:

 

1. Buka peramban Firefox

2. Keti “about:addons” di bagian kotak “Go to a website”. Setelah diketik, akan terbuka halaman extension.

3. Cari extension “Full Screen 4.0” dan klik tombol remove. 

4. Akan ada konfirmasi “Full Screen has been removed”. Kemudian, restart peramban Firefox.

5. Untuk menghindari pencurian informasi dari akun Facebook, segera ubah password Facebook.

 

Sumber: kompas.com, Foto: BBC

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here