Proyek Bantuan Uni Eropa untuk Palestina Dihancurkan oleh Israel

By | April 3, 2018

Wah, Israel berulaaah terus! Bahkan kini mereka menentang Uni Eropa demi lancarnya proses penjajahan sejengkal demi sejengkal yang mereka lakukan di tanah Palestina!

Israel menghancurkan puluhan rumah warga Palestina, tangki air dan lahan pertanian yang dibangun dengan dana Eropa pada 2011, dan lebih dari 100 struktur tersebut berada dalam risiko, kelompok bantuan mengatakan dalam sebuah laporan, Senin ini (14/5).

Angka-angka yang disusun oleh sekelompok LSM lokal dan internasional yang diketuai oleh Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), diterbitkan menjelang pertemuan para menlu Uni Eropa di Brussels. Laporan dari Kelompok Kerja Pemindahan (DWG) mengatakan Israel meratakan 62 struktur bangunan yang didanai Eropa tahun lalu, dan 110 proyek sejenis juga beresiko dihancurkan.

DWG mengatakan bahwa struktur bangunan yang dihancurkan Israel itu dibiayai oleh Perancis, Belanda, Inggris, Polandia, Irlandia dan Komisi Eropa. Perancis bulan lalu melakukan aksi protes kepada duta besar Israel di Paris terkait pembongkaran dua tangki air di wilayah Hebron di Tepi Barat selatan, yang dibiayai di bawah proyek kerjasama pertanian Perancis.

Badan militer Israel yang bertanggung jawab atas aspek kehidupan sipil di Tepi Barat mengatakan wajib mengeluarkan perintah pembongkaran terhadap struktur dibangun tanpa izin konstruksi yang diperlukan. Namun Willow Heske, juru bicara lembaga amal Inggris Oxfam, mengatakan kepada AFP bahwa rezim Israel melakukan tindakan diskriminatif dan bertentangan dengan hukum internasional.

“Kami melihat bahwa pemukim Yahudi mendapatkan zonasi dan izin membangun di daerah-daerah itu tanpa kesulitan, ini jelas diskriminatif dan bertentangan hukum internasional.”

Kelompok-kelompok bantuan yang menyusun laporan menyerukan kepada Uni Eropa untuk mengambil tindakan.

“Bantuan dari komunitas internasional, termasuk pemerintah Eropa, terbuang percuma ketika proyek bantuan yang didanai dibongkar,” kata direktur Oxfam Nishant Pandey dalam sebuah pernyataan. [http://www.eramuslim.com]

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *