Penyebab Banyak Manusia Lupa Bersyukur

By | July 1, 2018

Sobat Nida, sudahkah bersyukur har ini? Setiap hari kita bangun dalam keadaan sehat wal afiat, bisa sarapan, berangkat sekolah, kuliah atau kerja dengan selamat, menjalani aktivitas tanpa kendala berarti, kemudian bisa istirahat di rumah di malam hari. Nikmat Allah yang mana sih yang masih kita dustakan?

Tapi memang ya… sebesar apapun nikmat yang diperoleh, masih aja ada yang lalai untuk bersyukur. Selalu merasa kurang atas permberian Allah, dan ya … nggak pernah cukup gitu. Baginya rezeki itu ya kalau kaya. Kalau masih nggak punya mobil, nggak bisa jalan-jalan ke luar negeri, belum bolak-balik umroh dan naik haji, pokoknya kalau belum bisa buang-buang uang mah belum kaya namanya.

Allaf berfirman:
“Dialah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati”. (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.(QS. Al-Mulk: 23)

Sebenernya, apa aja sih yang membuat manusia lalai bersyukur?

1. Memakan rezeki haram
Sobat Nida pasti tahu kan, kalau halal-haramnya rezeki yang masuk ke dalam tubuh memperngaruhi perilaku kita ketika hidup di dunia. Kalau kita makan sesuatu yang haram, maka ikut rusaklah akhlak kita. Nah bisa jadi nih orang-orang yang lalai bersyukur ini penyebabnya adalah ada rezeki yang haram masuk ke tubuhnya.

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah:172)

Haram di sini bukan hanya dar jenis makanannya saja ya, misalkan babi, kucing dan lainnya, tapi sumber makanan itu sendiri juga perlu diketahui. Makan ayam pun kalau ternyata uangnya dari hasil korupsi, sama aja jadinya haram.

2. Tidak menghargai pemberian-Nya dan merasa nikmat Allah adalah haknya
Kita juga tentunya sadar bahwa segala nikmat yang kita peroleh adalah nikmat dari Allah. Cuma ada saja orang yang menganggap apa yang diperolehnya itu ya memang haknya. Tidak ada campur tangan siapapun di dalamnya. Padahal jika tanpa Rahmat-Nya, kita bukanlah apa-apa.

” Atau siapakah dia yang memberi kamu rezeki jika Allah menahan rezeki-Nya? Sebenarnya mereka terus menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri” (QS. Al-Mulk: 21)

Penyebab Banyak Manusia Kurang Bersyukur

3. Sombong
Allah berfirman:
“Demikianlah, Kami telah menguji sebagian mereka (orang yang kaya) dengan sebagian yang lain (orang yang miskin), agar mereka (orang yang kaya itu) berkata, Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah oleh Allah? (Allah berfirman), Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang mereka yang bersyukur (kepada-Nya)?” (QS. Al-An’am [6]: 53)

Harta itu bisa menjadi ujian bagi mereka yang tidak mau bersyukur. Karena merasa sudah kaya, jadi ya terlalu merasa memiliki apa yang Allah titipkann kepadanya sampai-sampai lupa bahwa ada hak orang lain di dalam hartanya tersebut. Padahal salah satu wujud syukur adalah dengan berbagi, bisa dengan bersedekah, infak, zakat, atau apapun.

4. Mengharapkan balasan duniawi semata
Setiap amal tergantung apa yang diniatkannya. Orang yang lupa bersyukur ini terkadang terlalu fokus terhadap masalah duniawi, sampai lupa akan urusan akhiratnya. Jadi segala sesuatu yang dilakukannya semasa hidup, orientasinya ya hanya duniawi saja, bahkan saat sedekah sekalipun.

Memang benar Allah sendiri menjanjikan balasan baik dunia maupun akhirta bagi pelaku sedekah. Yang salah di sini adalah jika seseorang hanya fokus untuk balasan di dunia saja dan tidak mengharapkan balasan di akhirat.

“Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (QS. Ali ‘Imran [3]: 145)

5. Godaan setan
Yang namanya setan nggak akan pernah putus asa buat menyesatkan anak-cucu Adam. Jadi setiap orang harus berhati-hati nih, karena bisa jadi … Alasan kurang bersyukurnya kita selama ini adalah karena adanya tipu daya setan.

“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (QS. Al A’raf: 17)

Semoga kita termasuk orang-orang yang bersyukur atas nikmat Allah ya Sob.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *