Nikita Mirzani Berhijab, Hijrah Adalah Hidayah Allah

By | July 12, 2018

Sobat nida yang mengikuti infotainment pasti tau bahwa artis Nikita Mirzani berhijab saat ini. Sebagai sesama muslim, kita senang akan hal ini dan baiknya mendoakan agar dia terus dalam jalan Allah. Trend artis yang berhijrah saat ini memang mulai marak. Banyak yang bisa kita sebutkan disini, misalnya Teuku Wisnu, Arie Untung dan istrinya, dan yang lawas dan selalu dijadikan inspirasi hijrah adalah ustadz Derry Sulaiman yang dulunya adalah anak rocker. Bahkan saat ini ustadz Derry menjadi da’i dan mengajak teman-teman di dunia artis dan hiburan untuk hijrah ke jalan Allah, sungguh luar biasa…

Sob, jika kita bicara tentang hijrah, maka bayangan yang ada dikepala ini langsung teringat kepada hijrahnya Rasulullah dan para sahabat dari Mekkah ke Madinah. Sebuah prosesi yang tidak mudah tentunya. Bayangin sob, Rasul dan para sahabat pindah dari kampung halaman ke kota yang mereka mungkin tidak bayangkan akan menjadi tempat tinggal mereka. Yang lebih membuat hati sedih lagi, kaum Kafir Quraisy, tidak membolehkan mereka membawa harta benda, bahkan mereka terpisah dari orang-orang yang mereka cintai. Tidak jarang dari sahabat yang hanya membawa pakaian yang mereka kenakan. Mungkin jika kejadian itu terjadi saat ini, dan yang harus menjalani proses hijrah adalah kita, bisa jadi kita tidak mengikuti Rasulullah dan tinggal bersama abu Jahal di Mekkah.

Nikita Mirzani Berhijab, Hijrah Adalah Hidayah Allah

Kembali tentang masalah hijrah sob, ada hal yang harus kita ingat bahwa hijrahnya manusia dari keburukan menuju kebaikan adalah hidayah Allah semata. Sekuat apapun kita berusaha jika Allah tidak mengizinkan maka orang yang ingin kita usahakan hijrah tidak akan berhijrah. Hal ini bisa kita dapati dalam sejarah Rasulullah dalam mendoakan pamannya Abu Tholib, dimana disaat akhir hidup paman Rasul, Rasulullah mengatakan :

أَىْ عَمِّ ، قُلْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ . كَلِمَةً أُحَاجُّ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللَّهِ

“Wahai pamanku, katakanlah ‘laa ilaha illalah’ yaitu kalimat yang aku nanti bisa beralasan di hadapan Allah (kelak).”

Abu Jahl dan ‘Abdullah bin Umayyah berkata,

يَا أَبَا طَالِبٍ ، تَرْغَبُ عَنْ مِلَّةِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ

“Wahai Abu Tholib, apakah engkau tidak suka pada agamanya Abdul Muthollib?” Mereka berdua terus mengucapkan seperti itu, namun kalimat terakhir yang diucapkan Abu Tholib adalah ia berada di atas ajaran Abdul Muttholib.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian mengatakan :

لأَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ مَا لَمْ أُنْهَ عَنْهُ

“Sungguh aku akan memohonkan ampun bagimu wahai pamanku, selama aku tidak dilarang oleh Allah”

Kemudian turunlah ayat,

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آَمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

“Tidak pantas bagi seorang Nabi dan bagi orang-orang yang beriman, mereka memintakan ampun bagi orang-orang yang musyrik, meskipun mereka memiliki hubungan kekerabatan, setelah jelas bagi mereka, bahwa orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka Jahanam” (QS. At Taubah: 113)

Allah Ta’ala pun menurunkan ayat,

إِنَّكَ لَا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ

“Sesungguhnya engkau (Muhammad) tidak bisa memberikan hidayah (ilham dan taufiq) kepada orang-orang yang engkau cintai” (QS. Al Qosshosh: 56).

Sungguh, Rasulullah pun, tanpa izin Allah tidak bisa memberikan hidayah kepada pamannya sendiri. Namun kita sebagai hamba Allah yang lemah jangan berputus asa, teruslah berdakwah dalam lisan kita, dalam tulisan kita untuk menebar kebaikan dan mengajak saudara, sahabat, teman kita untuk hijrah dari kemaksiatan menuju jalan kebenaran. Tentunya cara dalam berdakwah juga menjadi hal yang perlu kita fahami, agar tidak menyakiti, tidak menyalahkan orang yang ingin kita dakwahi.

Semoga kita selalu dalam jalan Allah dan orang-orang yang hijrah Allah berikan kekuatan hati dan Iman untuk selalu menjaga dari tantangan saat berhijrah, dan kita sebagai muslim, wajib mendoakan dan memberikan support kepada mereka.

Sahuri Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *