Memilih Pembersih Wajah yang Cocok

By | April 25, 2018

Sobat Nida, berbagai macam produk pembersih wajah sudah banyak ditemukan di pasaran. Baik produk lokal maupun produk impor, semuanya ada dan dengan mudah dapat kita dapatkan.

Mungkin kamu pernah juga bertanya-tanya, produk mana sih yang paling bagus untuk kulitmu? Karena setiap merk pasti menyatakan bahwa produknyalah yang terbaik.

Langkah pertama untuk mengetahuinya adalah dengan mengetahui jenis kulit yang kamu miliki. Apakah ia normal, berminyak, kering, ssensitif, ataupun kombinasi. Dengan mengetahui jenis kulit, hal ini akan membantu mempermudah untuk menemukan pembersih wajah yang tepat.

Bagi kamu yang berjenis kulit kering, gunakan pembersih jenis krim yang berfungsi melembapkan dan hindarilah pembersih wajah jenis foam cleanser. Jika berjenis kulit sangat kering, gunakanlah pembersih cair atau yang berbahan dasar minyak. Bagi yang berjenis kuli berminyak, sangat direkomendasikan untuk menggunakan pembersih jenis foam cleanser. Jika berkulit sensitif, hindari pembersih yang memiliki kandungan parfum, asam, berpewarna, dan bahan-bahan keras lainnya. Sementara jika berkulit yang rentan berjerawat, gunakan pembersih yang lembut dan hindari sabun pembersih yang bersifat mengeringkan.

Nah, sebelum menentukan pembersih mana yang akan kamu pilih, mari kita mengenali jenis-jenis pembersih wajah yang akan banyak kamu temukan di pasaran:

1. Sabun cair
Sabun cair bisa berbentuk lotion, gel atau krim. Sabun berbentuk gel lebih cocok digunakan untuk kulit berminyak atau sensitif. Sementara sabun krim lebih cocok digunakan untuk yang berjenis kulit kering karena mengandung minya dan pelembab. Karna kandungannya ini, ketika menggunakan sabun krim mungkin akan tidak terasa sebersih ketika menggunakan sabun cair gel.

2. Sabun cair tanpa busa

Sabun cair tanpa busa biasanya diperuntukkan untuk mereka yang berjenis kulit sensitif, bentuknya berupa lotion atau gel. Karena tidak berbusa, sabun ini tidak terlalu membersihkan kulit, jadi bagi pengguna make up mungkin akan kurang puas dengan hasil kerjanya. Namun bagi yang berkulit kering akan sangat cocok menggunakan sabun jenis ini terutama di pagi hari karena biasanya sabun tanpa busa meninggalkan lapisan tipis pada kulit wajah setelah pemakaian, sehingga kulit akan terasa lebih lembab.

Memilih Pembersih Wajah yang Cocok

3. Sabun batangan

Tidak semua sabun batangan dapat digunakan untuk pembersih wajah, sebab sabun batangan terbuat dari deterjen kasar, bersifat mengeringkan kulit dan dapat mengikis lapisan kulit wajah, baik lapisan kulit yang buruk maupun yang baik.

Pilihlah sabun batangan khusus untuk wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu.

4. Micellar water

Saat ini berbagai macam brand lokal maupun impor sudah banyak yang mengeluarkan produk pembersih berupa micellar water. Tekstur micellar water sama seperti air biasa, hanya saja produk ini menggunakan teknologi micellar, cocok bagi yang memiliki kulit senstif atau mudah iritasi.

Penggunaan micellar water ini sangat mudah. Cukup basahi kapas dengan micellar water, kemudian gunakan untuk membersihkan wajah. Kotoran di wajah akan terangkat tanpa perlu dibilas lagi. Belakangan ini micellar water digemari oleh para pengguna make up.

5. Balsem pembersih (cleansing balm)

Pembersih wajah satu ini biasanya berbentuk krim padat atau mirip seperti balsem yang biasa kita lihat. Meskipun bentuknya padat jika disimpan dalam suhu ruangan, namun akan melumer ketika bersentuhan dengan panas tubuh. Sangat cocok bagi para pengguna make up atau produk kosmetik tahan air lainnya.

6. Cleansing oil/ Minyak pembersih
Selain micellar water, minyak pembersih juga banyak diminati para pengguna make up karena kemampuannya menghapus make up dan sunscreen terbilang cukup ampuh. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Hanya meratakan minyak pembersih ke seluruh wajah sembari digosok perlahan terutama pada bagian yang bermake up, kemudian bilas dengan air hangat.

Tidak hanya cleansing oil yang bermerk saja, namun bisa juga menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, jojoba, atau lainnya.

minyak pembersih ini cocok untuk orang yang berjenis kulit kering, normal, maupun kombinasi, soalnya pembersih ini memiliki efek melembabkan.

7. Pembersih bebas sabun

Bagi orang yang berkulit sangat sensitif atau orang yang hendak melakukan perawatan di dokter kulit mungkin akan membutuhkan produk pembersih yang tidak mengandung sodium laureth sulfate atau sodium lauryl sulfate di dalamnya. Dua bahan tersebut memang dapat menyebabkan iritasi pada sebagian orang.

8. Obat-obatan

Bagi yang memiliki kulit berjerawat, bukan hal mudah juga untuk menemukan produk pembersih yang cocok. Penggunaan sabun yang mengandung obat-obatan seperti asam salisilat benzoyl peroxide (untuk membunuh bakteri) atau (berfungsi membuka pori-pori) terkadang tidak dapat dihindari bagi orang yang kulitnya rentan berjerawat. Sabun ini biasanya berbentuk cair.

Karena sabun ini biasanya bersifat keras, ada baiknya jik berkonsultasi dulu ke dokter kulit, agar jerawat dapat ditangani dengan cara yang lebih tepat.

Itulah beberapa jenis pembersih wajah yang dapat kamu sesuaikan dengan jenis kulitmu. Jangan sampai salah pilih produk ya … Supaya kulit kamu bisa tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *