Manfaat Petai untuk Kesehatan

0
123

Siapa yang tidak kenal dengan Petai atau yang biasa kita sebut dengan Pete ini? Sobat Nida pasti tahu dooong. Makanan ini biasa di santap sebagai lalapan oleh orang-orang, atau biasa dicampurkan juga dengan jenis sambal dan masih banyak lagi.

Sobat Nida suka nggak nih sama Pete? Eiit, tau nggak sih, meskipun banyak yang bilang makanan ini bau, tapi ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan kita lho. Apa aja sih manfaatnya?

1. Mengatasi Depresi
Hal ini dikarenakan pete mengandung triptofan, yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi sertonin, yang dapat membuat Anda merasa lebih rileks, meningkatkan mood, dan rasa bahagia.

2. Mencegah Anemia
Anemia ini ternyata sangat mudah dicegah dengan mengkonsumsi pete. Manfaat pete bagi kesehatan, khususnya anemia adalah karena pete mengandung zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat pete bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan berupa konstipasi, diare, sakit perut, dan begah. Manfaat ini mampu didapatkan karena pete mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang tinggi tentunya sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Manfaat Petai untuk Kesehatan

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Buah tropik yang satu ini juga sangat tinggi mengandung kalium, namun rendah garam. dengan demikian, petai sangat baik untuk dimakan oleh penderita tekanan darah tinggi. Menurut penelitian US Food and Drug Administration, petai adalah buah yang dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

5. Mengobati sakit Maag
Petai juga dapat digunakan sebagai makanan untuk penderita gangguan lambung karena bersifat lembut. Petai adalah satu-satunya buah yang boleh dimakan mentah oleh penderita maag kronis. Petai ini ternyata mampu menetralkan kelebihan asam, dan akan mengurangi iritasi dengan memberi lapisan dinding lambung.

6. Mencegah Cacingan
Mungkin karena kandungan belerang dan tanin didalam petai, sehingga buah ini merupakan makanan yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dll akan mati atau segera keluar dari perut kita.

7. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak
Kalium yang juga terkandung dalam pete merupakan salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Kalium diperlukan tubuh untuk menjaga cairan dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolik. Nah peningkatan kadar nutrisi ini memungkinkan oksigen untuk mencapai otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan merangsang aktivitas saraf.

Nah, mungkin emang sebagian orang tidak menyukai aroma dari Petai ini. Mungkin Sebagian dari Sobat Nida juga seperti itu. Tapi ternyata punya manfaat yang cukup banyak juga.

Nah, kalau ada Sobat Nida yang doyan dengan Petai, perlu diingat juga untuk tidak makan terlalu banyak yaa. Karena kalau kebanyakan dapat mengakibatkan sakit ginjal dan asam urat yaa, Sob! (Marthina)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here