Manfaat Memelihara Jenggot

By | April 19, 2018

Sobat Nida, jika melihat pria berjenggot, sebagian orang masih menganggap hal tersebut aneh dan mengaitkan dengan teroris atau seseorang yang fanatik. Memelihara jenggot sebenarnya memiliki manfaat banyak lho. Dan karena memelihara jenggot juga disunahkan oleh Rasulullah, pastinya ada pahala juga yang bisa diperoleh.

Ada beberapa alasan dari hasil penelitian tentang jenggot bahwa hal tersebut kunci untuk membuat pria tampak lebih muda, berfungsi sebagai pelembab alami serta mengurangi resiko terkena kanker.

  1.     Pelindung Kulit dari SInar UV

Menurut penelitian terbaru dari University of Southern Queenland, jenggot dapat melindungi pria hampir 95% dari sinar UV yang membuat kulit wajah cepat rusak dan tidak sehat. Untungnya, bagi pria yang memiliki jenggot bisa aman dari masalah kulit, seperti jerawat.

  1.     Melindungi Kulit dari Kotoran

Inilah salah satu manfaat dari jenggot untuk kesehatan tubuh kamu. Jenggot dapat digunakan untuk mencegah molekul debu masuk kedalam tubuh kamu. Tapi, karena itu pulalah kamu harus lebih rajin mencuci jenggot kamu supaya tidak menjadi sarang penyakit.

Manfaat Memelihara Jenggot

  1.     Sumber Pelembab Alami

Inilah salah satu manfaat dari jenggot untuk kesehatan tubuh. Jenggot dapat digunakan untuk mencegah molekul debu masuk kedalam tubuh kamu. Tapi, karena itu pulalah kamu harus lebih rajin mencuci jenggot kamu supaya tidak menjadi sarang penyakit. Bisa dilakukan setiap kali berwudhu dengan cara menyelah nyelah jenggot.

  1.     Mencegah Infeksi

Tidak perlu kuatir jenggot akan menyebabkan infeksi bakteri, infeksi folikel rambut yang menyebabkan bintik-bintik, dan sebagainya. Justru Infeksi ini bisa lebih mengancam dari kebiasaan bercukur terlalu sering. Tidak mencukur jenggot berarti tidak ada ruam kemerahan. Menurut  Dr. Martin Wade, konsultan dermatologis di London Skin and Hair Clinic, mencukur jenggot biasanya penyebab utama infeksi bakteri di sekitar jenggot.

  1.     Mengurangi gejala asma dan alergi

Bagaimana bisa? Sama halnya dengan bulu hidung yang berfungsi menjadi filter, jenggot juga berfungsi sama untuk menjadi penyaring dan mencegah gejala asma serta alergi. Seperti diketahui bahwa gejala asma biasanya dipicu oleh serbuk dan debu yang ditemukan di rambut wajah atau lebih spesifik adalah sebuah cambang besar dan jika tertahan di cambang, hal itu bisa menurunkan gejala asma yang mungkin terjadi.

So, Sobat Nida… sudah siapkah Kamu mengamalkan sunnah Nabi dengan mengubah penampilan dengan berjenggot? (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *