Category Archives: fyi

Aroma Hujan Ternyata Punya Nama

"Gue suka nih sama bau hujan." Pernah denger ada temen yang ngomong kayak gitu, Sob? Terus kamu pun bingung sendiri karena nggak ngerti gimana bisa hujan punya bau alias aroma. Biar tau, simak ulasan Nida berikut ini, Sob. Ternyata, aroma segar saat dan setelah hujan jadi salah satu aroma paling menyenangkan dalam kehidupan loh. Istilah… Read More »

Category: fyi

7 Fakta tentang IQ

Sobat Nida, kalau ditanya soal skor IQ mungkin ingetnya pas dulu zaman SMA, SMP, or SD, bener nggak? Karena dulu kayaknya IQ itu jadi patokan banget buat menentukan kecerdasan seseorang. Tapi, semakin dewasa semakin tahu kan bahwa kecerdasan seseorang nggak hanya bisa diukur lewat IQ. IQ adalah akronim dari istilah Inggris Intelligence Quotient. Istilah untuk… Read More »

Category: fyi

10 Fakta Tentang Brigade Izzudin Al Qassam

Sobat Nida, sampai saat ini saudara-saudara kita di Palestina masih belum berhenti berjuang melawan kezaliman penjajah Israel. Salah satu komponen penting dalam perjuangan rakyat Palestina adalah sayap militer Hamas (Harakah Al Muqawamah Al Islamiyah/Gerakan Perjuangan Islam) yang bernama Brigade Izzudin Al Qassam. Apa saja fakta tentang Brigade Izzudin Al Qassam yang harus kamu ketahui? Berikut… Read More »

Category: fyi

Negara-negara dengan Angka Bunuh Diri Paling Tinggi di Dunia

Sobat Nida, bunuh diri bagi seorang muslim adalah hal yang nggak boleh dilakukan. Soal ini jelas tertulis di dalam al Quran dan dinyatakan dalam hadits. Kalau menurut beberapa orang bunuh diri adalah jalan keluar, dalam Islam bunuh diri itu perbuatan yang istilahnya 'nyari perkara' di akhirat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membunuh… Read More »

Category: fyi

Ternyata Kalimat Habis Gelap Terbitlah Terang Terinspirasi dari Al Quran

Sobat Nida, Hari Kartini, 21 April, identik banget dengan istilah kalimat 'Habis Gelap Terbitlah Terang'. Tapi, tahu nggak sih, Sob, kalimat ini ternyata asalnya dari ayat Al Quran loh. Ayat apakah itu? Kok bisa sih muncul kalimat ini? Simak sejarahnya di kisah berikut. "Perkenankan saya bertanya bagaimana hukumnya apabila seorang berilmu menyembunyikan ilmunya?” Kartini membuka… Read More »

Category: fyi

Ini Alasan Mengapa Aroma Kopi Sangat Menggoda

Sobat Nida, buat pecinta kopi, aroma kopi jelas sangat menggiurkan. Tapi, ternyata, buat orang yang nggak suka kopi pun, aroma kopi bisa sangat menggoda loh. Apa penyebabnya? Beberapa orang nggak klop dengan kopi karena kandungan kafein pada kopi. Tapi, lain hal kalau soal aroma. Aroma unik kopi muncul dari komponen alkaloid dan flavonoid biji kopi.… Read More »

Category: fyi

10 Fakta Menarik Tentang Petir

Sobat Nida, saat mendengar petir apa yang kamu pikirkan? Pernahkah kita mendapati sesuatu yang menarik soal petir? Yuk, kita ulas hal yang menarik dari petir, biar bertambah keimanan kita terhadap kuasa Allah SWT yang satu ini. 1. Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang bisa menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari… Read More »

Category: fyi

7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sobat Nida, beberapa puluh tahun ke depan, kita dan generasi yang lagi pada duduk di bangku sekolah-an nih yang bakal memegang kendali negara dan pemerintahan. Cara berpikir dan pemikiran kita menjadi  sangat penting. Nah, yang berpengaruh soal pikir-berpikir adalah pendidikan. So, pendidikan jadi hal yang krusial banget! Kalau ngelihat negara-negara lain, negara mana sih yang… Read More »

Category: fyi

13 Hal Tentang Sadiq Khan Buat Kita Ketahui

Sobat Nida, beberapa waktu belakangan ramai banget berita tentang seorang Wali Kota London yang ternyata seorang muslim. Nggak cuma seorang muslim, ia juga menjadi muslim pertama yang menjadi penguasa di kota London. Jarang-jarang terjadi kan, seorang muslim menjadi penguasa di dunia barat, apalagi London! Kota yang menjadi pusat keuangan terbesar di dunia. Kota yang dikatakan… Read More »

Category: fyi

9 Negara Paling Bersih di Dunia

Sobat Nida, negara paling bersih di dunia pasti jadi daya tarik tersendiri buat orang-orang untuk berwisata. Setuju kan? Nyaman kalau berkunjung ke negara yang super bersih, bebas dari sampah yang berserakan, wangi (emang kecium gitu, Nid?), asri, de el el. Nggak cuma nyaman buat wisatawan, tapi juga bikin betah penduduk yang tinggal di situ. Biar… Read More »

Category: fyi