Beberapa Tipe Dosen dan Cara Menghadapinya

0
23

Scriptsweet…layaknya penelitian yang punya banyak variabel, selesai dengan cepat atau lambatnya skripsi kita, itu juga ada banyak variabelnya lho, sob.

Nah, salah satu variabelnya adalah dosen kita, nih, sob. Orang paling berjasa yang membimbing penyelesaian skripsi kita.

Nida mau berbagi mengenai beberapa tipe dosen berdasarkan pengalaman yang masih cetek ini,

1.Dosen Baik Hati

Sebenarnya, semua dosen itu baik hati, sob. Semua dosen pengen kita segera menyelesaikan skripsi dan menyandang gelar sarjana. Khusus buat dosen tipe ini, beliau amat sangat baik hati, se-kayak apapun draf skripsi kita, se-kayak apapun malasnya kita, kalau kita sudah menghadap untuk bimbingan, beliau akan tetap memperlakukan kita dengan lembut tanpa kata-kata yang menyakitkan. Selow banget lah kalau sama dosen tipe ini. Buat kamu yang punya dosen yang menyenangkan seperti ini, musti bersyukur dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya waktu dan bimbingan yang beliau berikan.  Tapi, harus hati-hati ya, sob, dosen ibu/bapak peri ini jangan malah bikin kamu terlena atau ngelunjak. 

2.Dosen Kudu Kita Banget

Seneng banget pasti, sob, kalau dibimbing sama dosen yang gelarnya panjang dan terkenal mengajar dimana-mana, baik didalam maupun diluar negeri. Itu keren banget. Tapi, ada repotnya nih, karena kesibukan beliau yang luar biasa, kadang kita merasa menjadi anak bimbing yang terlantar ya, sob. Buat mengatasinya, kamu yang kudu gerak cepet, sob. Kepoin dengan bener jadwal beliau, bisa nanya langsung, kepo ke bimbingan yang lain, atau nanya ke TU. Kalo udah gitu, kamu susun rencana mateng-mateng dan rinci. Setiap bimbingan, usahakan pertemuan berlangsung efektif, efisien, semua target tercapai. Aamiin.

3.Dosen Tegarkan Hati

Setiap manusia diciptakan khusus oleh Allah. Termasuk dosen kita. Mungkin ada yang pernah atau sedang dibimbing oleh dosen yang tipenya, kudu perfek, (maaf) galak, (maaf) sadis. Nah, semua yang beliau lakukan, itu sesungguhnya demi kebaikan kita, sob. Tapi, untuk menghadapinya, kita harus berbesar hati, kata-kata beliau yang mungkin menyakitkan, tidak usah dimasukkan ke hati. Ambil hikmah setelah diberi ceramah oleh beliau. Setiap akan bimbingan, persiapkan mental dan bahan skripsi dengan baik. Kudu siap banget kalau akan diskusi dengan bapak/ibu, jadi, saat bimbingan kita bisa meminimalisir kesalahan didepan bapak/ibu. Pilih juga timing pertemuan dengan baik. Kalau masih ada yang salah atau masih juga kena marah, balik lagi ke atas ya, sob. Sabar dan tegarkan hati.

Nah, itu sedikit tipe dosen dan tips untuk menghadapi beliau. Berhadapan dengan berbagai karakter dosen, itu salah satu latihan sebelum terjun ke dunia nyata saat kita bakal ketemu dengan orang-orang yang lebih macem-macem lagi karakternya.

Yang perlu diinget nih, sob. Dosen itu seperti orangtua kedua, ketika kita merantau kuliah. Perlakukan beliau dengan hormat dan sayang. Do’akan beliau. Eh, cie, cie. Dan seperti didepan orangtua, kita juga harus jadi good boy dan good girl didepan mereka. Tetep sopan dan santun. Oke, sob?

Selamat berjuang!

Foyto ilustrasi: google

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here