Bahaya Memencet Komedo dengan Tangan

By | April 23, 2018

Sobat Nida, komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang kecil. Komedo itu sendiri terdapat dua jenis, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo ini disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Sering dari Kita merasa risih dengan adanya komedo dan secara serampangan membersihkan komedo tersebut dengan tangan.

Nah, Sobat Nida, berikut ini adalah dampak dari membersihkan komedo menggunakan tangan.

1. Menimbulkan jerawat yang lain pada Wajah

Saat memencet komedo menggunakan tangan, akan mengantarkan kotoran baru yang masuk ke dalam pori-pori wajah. Kuman di tangan akan berpindah ke wajah. Kotoran yang masuk ke melalui pori-pori tadi akan membentuk infeksi bakteri dan terbentuklah jerawat. Komedo sih hilang, tapi setelah itu jerawat lain akan muncul di wajah.

Bahaya Memencet Komedo dengan Tangan

2. Terjadi Infeksi

Ketika memencet komedo dengan tangan, artinya kamu memaksa kotoran tersebut keluar sehingga dapat merobek kulit. Saat kamu menekan area yang ada komedonya, sebenarnya kamu sedang memindahkan kotoran dan bakteri dari jari tangan ke wajah. Jika sering memencet komedo dengan tangan secara paksa ini bisa membuat kulit kamu infeksi.

3. Memperbesar pori-pori

Saat mengeluarkan komedo dengan memencetnya sembarangan otomatis pori-pori di wajah kamu akan terbuka lebar.

4. Membahayakan Otak

Saat memencet komedo di area segitiga yang mencakup hidung atas sampai bagian bawah mulut, akan menimbulkan bahaya yang serius. Karena pada area tersebut terdapat pembuluh darah yang berhubungan langsung pada otak. Jadi, ketika kamu memencet komedo menggunakan tangan yang belum steril, maka akan menyebabkan infeksi pada pori-pori yang terbuka Sehingga infeksi tersebut menyebar ke otak. Saat itu terjadi, pembuluh darah di saraf pusat bisa ikut rusak cukup parah.

Berhati-hatilah saat memencet komedo. Sebaiknya gunakan cara alami seperti menggunakan masker peel off atau datang ke ahlinya. (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *