Bagaimana Internet Lahir?

0
26

Hari ini hidup kita bakalan hampa dan nggak bisa dipisahkan dari internet ya, Sob. Tahukah kamu bagaimana awal mula lahirnya internet? Penjelasan di artikel ini semoga bisa nambah wawasan Sobat Nida semua.

***

 

Banyak perdebatan yang mengemuka mengenai titik awal kelahiran internet. Apakah ia “lahir” pada saat adopsi TCP/IP ataukah ketika World Wide Web (www) mengemuka?

 

Satu hal yang pasti, titik monumental jaringan global itu terjadi pada 29 Oktober 1969.

 

Pada tanggal itu, 45 tahun lalu di Amerika Serikat, komputer SDS Sigma 7 milik universitas University of California Los Angeles (UCLA) berhasil mengirim pesan ke komputer SRI di Universitas Stanford yang terpisah jarak 560 km.

 

Sebagaimana dikutip dari Gizmodo (30/10), pesan yang bersangkutan dikirim lewat jaringan packet switching ARPANET yang pada kemudian hari bakal menjadi tulang punggung jaringan internet modern bersama TCP/ IP.

 

Bisa dikatakan bahwa pesan berupa teks tersebut merupakan yang pertama kali dikirim lewat (cikal bakal) jaringan internet.

 

Sebuah catatan event log menunjukkan bahwa pengiriman pesan historis itu dikirim oleh peneliti UCLA Bill Duvall kepada koleganya, Charley Kline dari Stanford, pada pukul 22.30 waktu setempat.

 

Asosiasi profesional teknologi Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menyebut UCLA sebagai tempat kelahiran internet, sebagaimana dinyatakan oleh foto plakat di atas.

 

Tanggal 29 Oktober pun diperingati sebagai hari jadi internet. Kini, 45 tahun setelah pesan pertama dikirim, jaringan global itu telah menjelma jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Selamat ulang tahun, Internet!

 

Sumber: nationalgeographic.co.id Foto: google

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here