8 Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

0
27

Sobat Nida, untuk mendapat foto atau video dengan kualitas bagus, untuk diupload di Instagram, youtube, atau platform lainnya, banyak yang tidak hanya mengandalkan kamera HP, tapi juga menggunakan kamera DSLR ataupun mirrorless. Nah Sobat Nida tahu gak sih perbedaan DSLR dan Mirrorless tuh apa aja? Check it out!

1. View Finder atau Jendela Bidik

Setiap kamera DSLR pasti akan punya jendela bidik yang umum disebut dengan Optical View Finder (OVF). Pada kamera mirrorless, fitur ini digantikan oleh Electronic View Finder (EVF). Pengguna mirrorless akan melihat objek foto seperti apa adanya. Kelebihan EVF adalah kita bisa mengatur ulang gambar yang tampak di LCD agar menghasilkan foto yang sesuai keinginan.

2. Live Preview

Generasi awal kamera DSLR tidak dilengkapi dengan Live Preview. Fitur ini baru muncul pada kamera DSLR setelah kelahiran mirrorless yang memang langsung dilengkapi Live Preview sejak generasi pertamanya. Dan sayangnya, fitur ini umumnya dimiliki DSLR tipe high-end. Kamera yang harganya bikin cenat-cenut kepala dan dompet.

Di sinilah letak perbedaan kamera DSLR dengan kamera mirrorless. Fitur Live Preview langsung disematkan dalam setiap kamera mirrorless.

3. DSLR Lebih Berat dari Mirrorless

Keberadaan cermin pada DSLR merupakan salah satu faktor yang membuat kamera jenis ini sulit didesain dalam bentuk yang ringkas. Apalagi DSLR punya banyak tombol di body kamera yang tentu membutuhkan ruang yang cukup untuk menempatkan semua tombol. Ujungnya, body dan berat DSLR pun lebih besar dari mirrorless.

4. Baterai Mirrorless Lebih Cepat Habis

Kamera mirrorless juga punya kekurangan dibanding DLSR, terutama dalam hal baterai. Dengan tubuh yang besar, DSLR bisa menggunakan baterai dengan kapasitas yang besar pula. Oleh karena itu, DSLR bisa memotret hingga seharian tanpa harus mengganti baterai.

Hal tersebut berbeda pada mirrorless. Desainnya yang ramping otomatis tidak bisa menyimpan baterai berukuran besar sehingga kapasitas baterai mirrorless pun lebih kecil.

8 Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless

5. Varian Lensa Mirrorless Belum Sebanyak DSLR

Setiap merek DSLR pasti melengkapi produknya dengan sederet lensa. Dari mulai fish eye, lensa fix, hingga tele ratusan milimeter. Bahkan ada banyak lensa produksi pihak ketiga yang bisa diterapkan pada DSLR merek tertentu. Beberapa produsen mirrorless saat ini memang sudah mulai banyak memproduksi lensa dengan varian yang berbeda. Namun, tetap belum sebanyak DSLR.

6. Image Stabilization

Inilah yang menjadi perbedaan kamera DSLR dengan kamera mirrorless. Kamera Mirrorles justru memasang fitur antigoncangan ini di dalam body. Sobat Nida harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu sebelum melakukan pemotretan. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan pun aman dari getaran yang bisa muncul dari tangan saat menggengam kamera.

7. Shutter Mirrorles lebih Senyap

Mirrorless bisa memotret tanpa suara, karena tidak ada pergerakan cermin di dalam tubuhnya. Kalaupun ada suara, itu hanya efek yang sengaja dipasang untuk membuat kesan Anda telah mengambil foto.

8. Sensor

Mirrorless memang diciptakan dengan meringkas berbagai sensor dalam sebuah proses pengambilan gambar. Sejak melakukan pengukuran cahaya dan kemudian penguncian fokus, mirrorless menggunakan satu sensor utama. Sementara DSLR menggunakan sejumlah sensor berbeda, terpisah dari sensor utama, hanya untuk mengambil satu gambar saja. Itulah kenapa body DSLR sulit untuk dibuat lebih ringkas.

Nah itu dia apa saja perbedaannya. Apa pun jenis kamera yang dipilih, pastikan memang sesuai dengan kebutuhan Sobat Nida yaaa. Tidak perlu memaksakan membeli kamera DSLR jika ternyata kebutuhan Sobat Nida sudah terpenuhi oleh kamera mirrorless. Namun, untuk menjadi fotografer profesional, Sobat Nida tetap butuh DSLR. (Marthina)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here