8 Manfaat Makan Apel Setiap Hari

By | April 3, 2018

Sobat Nida, tahu nggak sih,
ternyata makan apel setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh loh. Makanya
ada pepatah kesehatan kuno yang menyebutkan, 'An apple a day keeps the
doctor away
'. Wah, bener nggak tuh, Sob?

Sebutir apel ukuran sedang
mengandung 116 kalori. Sedikit banget kandungan protein maupun lemaknya dan
kaya akan serat, vitamin, mineral, serta vitamin C.

Berikut ini manfaat yang bisa
kamu peroleh dengan makan apel setiap hari.

1. Melangsingkan tubuh

Nggak usah diet yang aneh-aneh
untuk bikin tubuh ideal, Sob. Cukup atur pola makan, bisa dengan menambahkan
menu buah apel setiap hari. Apel yang kaya serat bisa membuat perut kenyang
lebih lama. Di dalam kulit apel juga terkandung zat yang membantu mengurangi
risiko obesitas, memperbanyak pembakaran kalori, dan meningkatkan kekuatan
otot.

2. Mengatasi flu

Selain kaya serat, apel juga kaya
vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Apalagi saat kamu sedang
terserang flu.

3. Menurunkan kolesterol

Serat larut pektin pada apel bisa
mencegah menumpuknya kolesterol pada dinding pembuluh darah, sehingga
menurunkan pula resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah, aterosklerosis,
dan penyakit jantung.

 

Baca juga: Perawatan Kecantikan
dengan Apel

 

4. Mencegah darah tinggi

Darah tinggi alias hipertensi
bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti stroke. Hal ini bisa
dicegah dengan makan apel yang kaya kalium (potassium), mineral yang membantu
mengontrol tekanan darah.

5. Mencegah kanker kolon

Serat alami pada apel yang
terfermentasi di kolon (usus besar) bisa menghasilkan zat kimia yang bisa
melawan terbentuknya sel kanker.

6. Menurunkan resiko asma

Menurut penelitian di Universitas
Aberdeen di Inggris, makan makanan yang kaya anti-oksidan dan vitamin bagus
untuk penderita asma. Dr. Peter Burney yang memimpin penelitian mengatakan
bahwa flavonoid dan asam fenolik pada apel bisa meringankan peradangan di
saluran pernapasan, sehingga anak-anak yang rajin minum jus apel gejala
serangan asmanya menjadi berkurang.

7. Melindungi tulang

Zat flavonoid yang hanya terdapat
pada apel yaitu phloridzin bisa mencegah osteoporosis pada wanita yang
mengalami post-menopause. Bahkan mengonsumsi apel bisa membantu meningkatkan
massa jenis tulang. Boron, zat lain yang juga ada pada apel bisa menguatkan tulang.

8. Mencegah penyakit Alzheimer

Quercetin pada apel menjadi
antioksidan yang bisa mencegah penurunan fungsi otak. Flavonoid pada apel juga
bisa menguatkan fungsi-fungsi saraf pada otak.

Tapi nih, Sob, untuk beberapa
orang yang tidak terbiasa makan makanan kaya serat, akan merasa kembung saat
memulai makan apel setiap hari. Kalau mengalami masalah seperti ini, sebaiknya
mulai membiasakan makan apel tidak langsung setiap hati, tetapi bertahap.
Perbanyak minum air putih agar serat bisa lewat dengan lancar pada saluran
pencernaan.

Apel juga menjadi buah yang
paling banyak tercemar pestisida. Cara untuk menyiasatinya adalah dengan
membeli apel organik, meskipun harganya sudah pasti lebih mahal.

Semoga bermanfaat.

Referensi: dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Artikel terkait:

5 Manfaat Jus Buah dan Sayur,
Mau?

Apel Bagus untuk Sahur Bagi yang
Diet?

Beberapa Penyakit Akibat Kurang
Makan Sayur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *