4 Kesalahan Bayangan Laki-laki tentang Pernikahan

0
74

“Enak kalau sudah nikah, ada yang nyetrikain baju, ada yang masakin makanan, rumah selalu bersih…”

“Kalau menikahi wanita berhijab, alhamdulillah hati akan tenteram karena patuh pada suami…”

Siapa bilang? Belum tentu benar lho bayangan-bayangan seperti itu. Silakan saja berdoa pada Allah untuk mendapatkan istri yang rapi, pintar masak dan beberes, serta berhijab rapi dan taat pada suami, akan tetapi jangan lupa juga untuk menerima kekurangannya, atau yang lebih buruk… menerima kalau ternyata istri ternyata tidak sebaik ekspektasi sebelum nikah.

Banyak terjadi, pernikahan karam karena tuntutan yang terlalu besar terhadap pasangan hidup. Ketika tidak terlampaui, jadilah kekecewaan. Kemudian timbullah permusuhan. Ketika seorang suami sudah memusuhi istrinya sendiri, di mana letaknya surga dalam rumah tangga? Yang ada justru sebaliknya bukan? Maka, sederhanakan ekspektasi agar lebih mudah menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan.

1. Enak ada yang nyuciin baju, nyetrikain baju, bersihin rumah, nyiapin makanan

Mungkin hal ini bisa terjadi di awal pernikahan, tapi ketika sudah punya anak… bisa-bisa gantian suamilah yang harus melakukan semua kerjaan rumah tersebut, tak perlu protes! Menjadi ibu baru bukanlah hal yang mudah bagi para wanita. Kalau Anda tak siap memberikan uang lebih untuk menyewa jasa asisten rumah tangga, maka Andalah yang harus siap membantu istri agar ia bisa terlepas dari beban stres memiliki bayi kecil yang lucu namun membuat lelah luar biasa.

2. Istri akan mematuhi setiap kehendak suami

Siapa bilang? Tidak semua wanita berhijab itu pasti baik, seperti malaikat yang patuh terhadap perintah apapun yang diberikan oleh tuannya. Apalagi akhwat jaman now, yang bisa jadi dididik dengan pola asuh serba ada, yang memanjakannya dengan berbagai fasilitas, sehingga kadar kepatuhan terhadap perintah orang lain agak berkurang, yang ada… justru dialah yang suka memerintah. Astaghfirullah.

Oleh sebab itu, suami harus selalu ingat hadits Rasulullah berikut ini:
“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk, ia tidak bisa lurus untukmu di atas satu jalan. Bila engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya maka engkau bisa bernikmat-nikmat dengannya namun padanya ada kebengkokan. Jika engkau memaksa untuk meluruskannya, engkau akan memecahkannya. Dan pecahnya adalah talaknya.” (HR. Muslim).

4 Kesalahan Bayangan Laki-laki tentang Pernikahan

3. Istri akan selalu tampil cantik di hadapan suami

Kadang malah sebaliknya, di rumah istri akan tampil apa adanya, dengan daster, tanpa make up, mungkin Anda akan melihatnya memakai berbagai masker aneh di wajahnya, atau beberapa rol gulung di rambutnya. Jadi, kalau ingin istri selalu tampil cantik… nasihati ia dengan perlahan dan baik-baik, yang lebih penting lagi… modali ia agar mampu bersaing dengan kecantikan seleb di luar sana.

Kalau ia terlalu lelah dan capek dengan pekerjaan rutinitasnya, bisa-bisa matanya berkantung, pipinya mengendur, dan wajahnya tampak beberapa tahun lebih tua dari usia aslinya, dan sudah pasti… itu adalah salah Anda sebagai suami. Kecantikan istri sebagiannya merupakan tanggungjawab suami, jadi jangan hina istri Anda kalau tidak ingin menghina diri sendiri. Cari solusi bersama jika memang Anda merasa istri sudah tidak lagi menarik secara penampilan.

4. Enak ada pijitin ketika pulang

Bisa jadi juga sebaliknya, istri yang justru akan minta dipijit begitu melihat Anda pulang. Karena bekerja di dalam rumah tidak lebih santai daripada bekerja di luar rumah.

Bayangan-bayangan enak seperti ini perlu diimbangi dengan bayangan realistis. Dan juga sebaliknya, bayangan realistis yang terlalu pesimistis terhadap pernikahan… perlu diimbangi dengan bayangan ekspektasi yang menyenangkan, agar setiap orang bisa proporsional dalam membayangkan kehidupan pernikahan. Seperti kapal yang berlayar, bisa jadi semilir angin membuat kita tersenyum, namun bisa juga angin badai dan terjangan tsunami membuat kita harus bersiap siaga. Jangan sampai tidak adil dalam memandang kehidupan setelah pernikahan.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here