Yang Perlu Kamu Lakukan Supaya Bisa Rajin Shalat Malam

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, seperti yang kita ketahui bahwa shalat malam memiliki begitu banyak keistimewaan di dalamnya, sehingga kita dianjurkan untuk mengerjakannnya secara rutin.

Shalat malam bukan hanya dapat mempercepat dikabulkannya segala do'a, tetapi juga dapat menjadi cara agar diampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan, jika kita memintanya dengan sungguh-sungguh. Sebab Allah subhanahu wata'ala turun langsung pada sepertiga malam dan menjumpai setiap hamba yang meminta pada-Nya.
 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Rabb Tabaaraka wa Ta'ala kita turun di setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berfirman: "Siapa yang berdo'a kepadaKu pasti Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu pasti Aku penuhi dan siapa yang memohon ampun kepadaKu pasti Aku ampuni". (HR Bukhari No 1077)
 
Meskipun demikian, tidak jarang dari kita yang masih kesulitan untuk melakukan ibadah sunah yang satu itu. Banyak faktor sih sebenernya. Entah karena kurangnya niat atau kesungguhan, atau bisa jadi juga seseorang malas melakukan shalat malam karena memang diganggu oleh setan. Tapi hal ini pada dasarnya bisa diatasi.
 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda,
 
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلَاثَ عُقَدٍ يَضْرِبُ مَكَانَ كُلِّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ فَإِنْ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَإِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ
 
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Syetan mengikat tiga ikatan di tengkuk salah seorang dari kalian ketika dia tidur, dia membuat setiap satu ikatan akan berkata; "Malam masih panjang", apabila seseorang bangun kemudian berdzikir kepada Allah, maka akan lepas satu ikatan, jika seseorang berwudlu', maka akan terlepas satu ikatan lagi, jika seseorang shalat, maka akan terlepas satu ikatan lagi, maka di pagi harinya ia menjadi bersemangat dan berhati bersih, apabila tidak, maka di pagi harinya jiwanya menjadi kotor dan akan sangat malas." (HR Abu Daud No 1111)
 
Nah, sudah jelas kan Sob? Jadi kalau selama ini kamu ngerasa susah buat shalat malam, nggak ada salahnya mencoba mengamalkan apa yang sudah Rasulullah ajarkan kepada kita. Namun lagi-lagi, niat atau kesungguhan itu juga penting. Sebab jika seseorang sudah berniat untuk melakukan suatu hal, maka biasanya secara otomatis akan lebih mudah baginya melaksanakan apa yang sudah diniatkan.
 
Selain itu, menjaga wudhu daan berdo'a sebelum tidur menjadi hal yang juga sebaikny Sobat Nida perhatikan.
Wallahua'lam bishowab. Semoga kita bisa belajar untuk istiqamah melaksanakan shakat malam ya Sob.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...