Tidaklah Beriman Seseorang Jika Tetangganya Tak Merasa Aman dari Gangguannya

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, sebagai makhluk sosial tentunya kita harus bisa hidup berdampingan dengan orang lain. Saling membangun komunikasi dan belajar menciptakan hubungan yang baik serta harmonis.

Bukan hal mudah memang, apalagi setiap orang memiliki pemikiran dan karakter yang berbeda. Untuk itu, harus ada sikap saling memahami antata satu orang dengan yang lainnya.

Bukan tanpa alasan ya Sob, sebab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tetanggalah orang yang paling memungkinkan untuk kita mintai pertolongan pertama. 

Di dalam Islam sendiri, menjaga hubungan baik dengan tetangga merupakan salah satu hal yang penting. Bahkan, jika masih ada tetangga kita yang tersakiti entah karena ucapan dan perbuatan yang kita lakukan, maka kita tidak dapat dimasukkan ke dalam golongan orang yang beriman.

عَنْ أَبِي شُرَيْحٍ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ وَاللَّهِ لَا يُؤْمِنُ قِيلَ وَمَنْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الَّذِي لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَايِقَهُ

Dari Abu Syuraih bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Allah, tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman." Ditanyakan kepada beliau; "Siapa yang tidak beriman wahai Rasulullah?" beliau bersabda: "Yaitu orang yang tetangganya tidak merasa aman dengan gangguannya." (HR Bukhari No 557)

Pastinya kita semua maunya ingin termasuk menjadi orang yang beriman dong Sob? Oleh makanya, nggak ada salahnya nih kita saling memberikan hadiah atau sesuatu yang bermanfaatlah ya kepada tetangga-tetangga kita.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ يَا نِسَاءَ الْمُسْلِمَاتِ لَا تَحْقِرَنَّ جَارَةٌ لِجَارَتِهَا وَلَوْ فِرْسِنَ شَاةٍ

Dari Abu Hurairah dia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Wahai para wanita muslimah, janganlah antara tetangga yang satu dengan yang lainnya saling meremehkan walaupun hanya dengan memberi kaki kambing. (HR Bukhari No 5558)

Wallahua'lam bishowab.

Semoga kita bisa menjadi tetangga yang baik ya Sob.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...