Profil

TENTANG ANNIDA

 

Nama ANNIDA

 

Nama ANNIDA diambil dari ayat Al Quran surat Maryam 3, yang artinya menyeru dengan lemah lembut. 

Sesuai dengan keinginan awal penerbitan ANNIDA yaitu ingin menyeru kepada yang haq dengan cara yang lembut.

 


Sejarah Berdirinya ANNIDA dan Segmentasi Pasar


Majalah Annida terbit pada tahun 1991, dengan format awal sebagai majalah keluarga Islam, berubah menjadi majalah wanita, sampai kemudian memfokuskan diri menjadi majalah dengan segmentasi remaja Muslim.

Pada tahun ke-18 penerbitannya, Majalah Annida fokus menyoroti dunia literasi (baca-tulis) bagi remaja, sesuai dengan perintah pertama yang disampaikan di Al-Quran: Iqra! Bacalah...

Fokus literasi ini masih dipertahankan hingga kini.


Tagline Annida dari masa ke masa

 

"Seruan Wanita Sholehah"

"Seri Kisah-kisah Islami"

"Sahabat Remaja Berbagi Cerita"

"Cerdas, Gaul, Syari"

"Inspirasi Tak Bertepi", dan tagline ini masih terus dipertahankan hingga kini.

 

 

Icon ANNIDA & Sobat Nida


Annida memiliki icon seorang remaja putri yang biasa dipanggil Nida, dengan tampilan ujung jilbab meliuk-liuk seperti keris, dan kacamata yang terhubung dengan jilbabnya. 

Di tahun 2012, si Nida ditemani oleh saudara laki-lakinya yang bernama daNi (Kebalikan Nida), dengan tujuan mengurangi kesan bahwa Annida adalah media khusus wanita.

Pembaca/ pengunjung Nida disebut "Sobat Nida", panggilan ini merupakan ciri khas komunitas Annida, biasanya dipersingkat menjadi "Sob".

 

Logo ANNIDA


Logo Annida terdiri dari 2 warna primer yaitu Biru dan Merah, kedua warna utama ini dapat menunjukkan bahwa pembaca Annida melingkupi kaum laki-laki maupun perempuan.

Pada web annida-online, logo Annida tidak dipasang datar melainkan miring ke kanan atas, ini dimaksudkan untuk menunjukkan harapan bahwa Annida akan terus menanjak dan meningkat dari waktu ke waktu, baik dalam hal peningkatan pelayanan, peningkatan jumlah pembaca, komunitas, produk, dan lain sebagainya.

Di tahun 2012, logo Annida ditambahkan latar berwarna hijau cerah, yang merupakan warna dasar PT. Insan Media Pratama (Ummigroup Media), perusahaan tempat Annida bernaung.

Pada latar hijau cerah tersebut terdapat bulatan-bulatan yang melambangkan "Never Ending". Ini merupakan simbol bahwa kreativitas tidak boleh berujung.

 

 

Berdirinya Annida-Online


Juli 2009, Majalah Annida bertransformasi menjadi media online dengan nama annida-online.com.

Saat ini, jumlah kunjungan annida-online mencapai 65 ribu kunjungan/ bulan (Februari 2012), dengan rata-rata 2000 pengunjung per hari, dan diakses oleh lebih dari 70 negara.

Annida-online merupakan Web Remaja Islam Terbesar di Indonesia, yang memiliki impian sebagai ONE STOP ISLAMIC TEENS SOLUTION.

 

 

ANNIDA Mobile & Majalah ANNIDA Spesial


Di tahun ke-21 (2012) ini, Annida insya Allah kembali hadir dalam bentuk majalah cetak dengan format Printing on Demand. Selain itu, Annida hadir dalam versi mobile yang semakin memudahkan pengunjung mengakses annida-online dengan cepat melalui handphone, smartphone, tablet, dan gadget lainnya.


Acara Offline


Selain tampil secara online, Annida pun tiap bulannya menyelenggarakan acara offline, baik berupa bedah buku, nonton bareng, workshop, maupun acara seru lainnya yang menyasar segmen remaja.

Annida membuka kesempatan kerjasama pada sekolah dan kampus yang berminat mengundang kru Annida untuk mengisi acara kepenulisan atau acara tentang remaja, baik di area Jadebotabek (Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi) maupun di luar Jadebotabek. (CP: 0838-99-6474-39, SMS only)