Mengapa Kita Harus Mengucapkan Terimakasih?

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, ketika mendapatkan sesuatu hadiah,  bantuan atau apapun dari orang lain, sudah sepatutnya kita mengucapkan terimakasih sebagai wujud syukur dan bentuk penghargaan kita terhadap orang tersebut. Namun dewasa ini, tak jarang orang melupakan ucapan terimakasih kepada orang lain. 

Contohnya pas lagi di kereta komuter, ada ibu-ibu yang membawa anak balita, trus secara reflex ada orang lain yang memberikan bangkunya tersebut untuk diduduki oleh ibu tersebut. Meskipun tidak meminta imbalan atau penghargaan apapun, sudah sewajarnya jika ibu tersebut mengucapkan terimakasih. Kan kita juga nggak tahu Sob, ternyata sebenernya orang tersebut juga sedang kelelahan tetapi tetap mau memberikan kursinya tersebut untuk orang lain. Padahal kalau mau egois, tentu dia bisa berpura-pura tidur aja kan?

Atau misalkan lagi di jalan trus ada orang yang menggunakan kendaraan baik mobil atau motor mempersilahkan kita menyebrang jalan dengan memelankan laju kendaraannya, sudah seharusnya kita berterimakasih baik dengan mengangguk atau tersenyum ke arah kendaraan tersebut. Seperti di Jepang, ternyata budaya ini sudah ada dan diajarkan kepada anak-anak sejak mereka kecil lho.

Di dalam Islam sendiri mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita merupakan sebuah keharusan serta wujud akhlak seorang muslim yang baik. Belum membiasakan diri mengucapkan terimakasih bahkan belum dapat dimasukkan ke dalam golongan hamba-Nya yang bersyukur.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ لَا يَشْكُرُ اللَّهَ

Dari Abu Hurairah ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang tidak pandai bersyukur (berterima kasih) kepada manusia, berarti ia belum bersyukur kepada Allah." (HR Tirmidzi No 1877)

Makanya nih Sob, nggak usah sok-sok jaim atau jual mahal. Bilang terimakasih kalau emang kita harus mengucapkannya. Nggak mau kan kita dimasukkan ke dalam golongan hamba-Nya yang belum bersyukur? 

Nah coba kita introspeksi diri juga, kepada orangtua dan keluarga terdekat, sudah belum kita mengucapkan terimakasih kepada mereka? Atas kasih sayangnya, atas pengorbanannya, atas perhatiannya, dan atas semua yang telah mereka berikan untuk kita.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...