Lima Perkara Yang Termasuk Fithrah Dalam Islam

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, tahu nggak kalau ternyata ada lima fitrah yang perlu kita amalkan dalam kehidupan kita lho. Coba simak hadits berikut:

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَمْسٌ مِنْ الْفِطْرَةِ الْخِتَانُ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَنَتْفُ الْإِبْطِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَأَخْذُ الشَّارِبِ

 

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Ada lima perkara yang termasuk fitrah yaitu: berkhitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memotong kumis." (HR Nasa'i No 11)

Karena memang Islam adalah agama yang sempurna, sampe hal-hal seperti bercukur pun diperhatikan banget ya Sob. Di dalam riwayat lain juga disebutkan mengenai batasan dalam melaksanakan sunnah-sunnah di atas.

 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ
وَقَّتَ لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي قَصِّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمِ الْأَظْفَارِ وَحَلْقِ الْعَانَةِ وَنَتْفِ الْإِبْطِ أَنْ لَا نَتْرُكَ أَكْثَرَ مِنْ أَرْبَعِينَ يَوْمًا وَقَالَ مَرَّةً أُخْرَى أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

 

Dari Anas bin Malik dia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menentukan waktu bagi kita dalam masalah memotong kumis, memotong kuku, mencukur bulu kemaluan, dan mencabut bulu ketiak, yaitu supaya kami tidak membiarkannya lebih dari empat puluh hari." Dalam kesempatan lain beliau bersabda: "Empat puluh malam." (HR Nasa'i No 14)

Bagi sebagian dari kita mungkin masih belum tau atau memang masih bermalas-malasan dalam mengamalkan sunnah-sunnah di atas. Padahal jika kita mau mengamalkannya karena Allah, bukan hanya pahala yang akan kita dapatkan, tetapi juga kesehatan. Gimana enggak, coba kalau ada orang yang jorok nggak mau gunting kuku, malas ngebersihin kukunya juga. Kebayangkan bakal sedekil apa tangan atau kuku orang tersebut? Padahal dalam melaksanakan banyak kegiatan sehari-hari termasuk makan, membersihkan diri setelah buang air, kita akan membutuhkan kedua tangan kita. Nah kalau jorok begitu, bukan nggak mungkin orang tersenut akan lebih mudah terserang penyakit karena banyak bakteri yang bersarang di kukunya dan masuk ke dalam tubuh kita.

Jadi, jangan lagi deh bermalas-malasan. Lebih baik kita amalkan 5 fitrah di atas ya Sob.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...