Cicilan Nol Persen dengan Kartu Kredit, Apakah Tetap Riba

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, istilah riba sepertinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Biasanya istilah ini sering diketahui sebagai bunga yang diberikan pada peminjaman uang pada bank konvensional.

Dalam Islam, Riba adalah sesuatu yang haram dan dilarang, baik memungut riba atau mendapatkan keuntungan berupa riba tidak diperbolehkan. Hal ini tentu menjadikan kita sebagai umat Muslim untuk berhati-hati sebelum meminjam uang atau kredit barang.

Kerap kali kita sering mendengar istilah cicilan 0%, tapi tidak mengetahui apakah cicilan tersebut termasuk riba atau bukan. Terlebih lagi bila cicilan tersebut menggunakan kartu kredit. Apakah hal tersebut termasuk riba? Berikut penjelasannya.

Menurut Wikipedia, riba merupakan penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam.

Sementara cicilan 0% merupakan sebuah skema cicilan yang memperbolehkan seseorang menggunakan kartu kredit untuk meminjam uang atau membeli sebuah barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau pertahun untuk melunasi total harga pembelian atau peminjaman. Jadi, ketika Sobat Nida ingin membeli sebuah barang atau meminjam uang dari bank dengan cicilan 0%, maka jumlah uang yang akan ditagih tidak akan berubah.

Meskipun cicilan 0% tidak memberikan keuntungan bagi pihak bank atau pembeli, tetapi dalam padangan Islam, sistem ini tentulah salah, karena dalam Islam tidak ada istilah memberikan cicilan dalam bentuk persentase, melainkan adanya akad. Islam mengajarkan adanya akad jual beli yang disebut akad murabahah.

Akad murabahah adalah perjanjian jual beli antara bank dengan nasabah. Salah satu hal yang membedakan akad murabahah dengan cara penjualan yang lain ialah penjual dalam murabahah secara jelas memberi tahu kepada pembeli berapa nilai pokok barang tersebut dan berapa besar keuntungan yang dibebankannya pada nilai tersebut.

Penggunaan kartu kredit dalam cicilan 0% pun tidak bermasalah. Karena jika seseorang menggunakan baik kartu kredit maupun debit, cicilan tersebut tetap tidak termasuk riba.

Jadi, cicilan 0% tidak termasuk riba, baik menggunakan kartu kredit maupun debit, tetapi sistem ini tidaklah benar dalam Islam, karena dalam ekonomi syariah tidak ada yang menggunakan cicilan persentase.

Sobat Nida, semoga informasi ini bermanfaat dan mulailah berhati-hati dalam meminjam atau menyicil uang dalam hal apa pun. (Dina Nazhifah)

Sumber: rumahfiqih(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...