Besarnya Pahala Sesuai dengan Besarnya Cobaan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, pernah nggak sih kamu merasa sedih dan putus asa karena merasa Allah memberikan cobaan yang terlampau besar. Merasa seolah diri kita adalah makhluk yang paling menderita. Tidak ada seorangpun yang lebih besar ujiannya selain dirinya.

Jika pernah merasa demikian, ada baiknya kita beristighfar, memohon ampunan Allah atas segala dosa dan khilaf yang telah kita lakukan. 

Ujian yang kita terima, bisa jadi merupakan salah satu bentuk atau tanda cinta serta kasih sayang Allah kepada umat-Nya. Dan melalui ujian tersebut, Allah hendak menaikkan derajat keimanan seseorang. Hanya saja... Seringkali kita terlalu dini untuk menghakimi maksud kasih sayang Allah tersebut.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ عِظَمُ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلَاءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ

Dari Anas bin Malik dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: "Besarnya pahala sesuai dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya apabila Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Oleh karena itu, barangsiapa ridla (menerima cobaan tersebut) maka baginya keridlaan, dan barangsiapa murka maka baginya kemurkaan." (HR Ibnu Majah No 4021) 

Allah Maha Adil. Semakin besar ujian yang kita terima, maka semakin besar pula pahala kebaikan yang akan kita dapatkan jika kita mampu menghadapi dan melewatinya. Meskipun tidak mudah, tapi kita harus tetap yakin dan percaya kepada Allah, bahwa dia akan senantiasa bersama hamba-Nya yang bersabar. Sebab Allah tidak pernah memberikan ujian kepada seseorang melebihi batas kemampuannya.

Allah Subhanahu wata'ala berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا  ۗ  لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ  ۗ  رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَاۤ اِنْ نَّسِيْنَاۤ اَوْ اَخْطَأْنَا  ۚ  رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَاۤ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا  ۚ  رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖ  ۚ  وَاعْفُ عَنَّا  ۗ  وَاغْفِرْ لَنَا  ۗ  وَارْحَمْنَا  ۗ  اَنْتَ مَوْلٰٮنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa), Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."
(QS. Al-Baqarah 2: 286)

Semoga Allah menguatkan dan melapangkan setiap hamba-Nya yang tengah mendapatkan ujian namun tetap masih bersabar dan senantiasa mengingat serta melibatkan Allah dalam setiap urusannya.

Wallahua'lambishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...