Begini Lho Karakter Muslim yang Sebenarnya

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, beragama Islam saja tidak lantas membuktikan bahwa seseorang itu beriman. Karena untuk mencapai derajat keimanan yang tinggi membutuhkan pembuktian berupa melakukan amalan yang diperintahkan dalam Islam dan juga menjauhi segala larangan-Nya.

Sebagai seorang muslim, segala macam aspek kehidupan kita sudah diatur sedemikian rupa baik tertulis di dalam Al-Qur'an maupun hadits. Semua dab-adab kita sebagai muslim juga dijelaskan di sana.

Nah, salah satu karakter muslim sejati adalah menjaga lisan dan tangannya agar tidak sampai menyakiti orang lain.

عَبْدَ اللَّهِ يَعْنِي ابْنَ عَمْرٍو عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ عَبْدُ الْأَعْلَى عَنْ دَاوُدَ عَنْ عَامِرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Abdullah bin 'Amru dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bersabda: "Seorang muslim adalah orang yang Kaum Muslimin selamat dari lisan dan tangannya, dan seorang Muhajir adalah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah" (HR Bukhari No 9)

Dalam hadits lain juga disebutkan bahwa yang paling utama dalam berIslam adalah orang yang bisa menjaga lisan dan tangganya.

 


عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ قُلْتُ
يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْإِسْلَامِ أَفْضَلُ قَالَ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ

 

Dari Abu Musa dia berkata, aku berkata, "Wahai Rasulullah, siapakah yang paling utama dalam berIslam?" Beliau menjawab: "Orang yang mana kaum muslimin selamat dari cercaan lisannya dan gangguan tangannya." (HR Muslim No 59)

 

Lidah memang tidak bertulang. Jadi kita perlu lebih berhati-hati dalam memilah kata sebelum melontarkannya kepada orang lain. Termasuk dalam bergurau. Terkadang ada hal-hal yang menurut kita lucu tapi ternyata tidak bagi orang lain. Ujung-ujungnya, mereka tersinggung dengan apa yang kita bicarakan, dan sedihnya lagi kalau ternyata kita tidak menyadari kesalahan kita dan terus melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang.

Sekarang, coba kita instrospeksi diri. Sudahkah orang-orang di sekitar kita selamat dari lisan dan tangan kita ini? Atau justru ternyata banyak orang yang terluka karena kita tak bisa menjaganya?

Na'udzubillah. Semoga kita termasuk muslim sejati yang mampu menjaga lisan dan tangannya.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...