Untitled Document

Kategori : Berita Umum

Dibaca : 609 Kali

Menghafal Quran: Syaikh Al Ghamidi Punya Story!

Annida-Online—Kalo disebut kata “ngafal Qur’an”, pasti masih banyak dari kita yang mundur duluan sebelum “berperang”. Iya gak, Sob? Susah ngafalnya, susah jaganya, susah juga mengamalkannya! Tapi… apa iya begitu? Padahal banyak keutamaan buat para penghafal Qur’an di dunia en akhirat, lho! 

Okeh… biar gak ada alasan buat gak ngafalin Qur’an minimal banget juz 30, yuk ah kita intip cerita Al-Hafizh Syeikh Al-Ghamidi yang merupakan imam masjidil haram, dalam acara konferensi pers Wisuda Akbar 4 di Pondok Pesantren Daarul Qur’an, Tangerang, Syaikh membeberkan gimana proses beliau menjadi seorang penghafal Qur’an.

Ini diaaa!

Ia mengaku, awal dari proses menghafal Qur’an-nya adalah peran besar sang ayah. Saban hari ba’da Maghrib hingga Isya, orang tuanya mengumpulkan anak-anak mereka, untuk menguji siapa yang paling bagus suaranya (dalam menghafal Qur’an). Sambil bercanda, Syaikh berkata, “Kenalkan… saya yang paling bagus suaranya disbanding yang lain.”

Yap, orang tua Syaikh memang menanamkan kecintaan terhadap Qur’an kepada anak-anaknya sejak kecil, demi menimbulkan mahabbah yang besar terhadap Qur’an. Alhamdulillah… dalam proses selanjutnya Syaikh mendapatkan lagi semangat menghafal Qur’an dari Syaikh Marwan. Dannn… dalam waktu lima tahun, beliau pun khatam menghafalkan 30 juz Al-Qur’an!

Mungkin ada di antara Sobat Nida, yang kepo banget, gimana sih cara dalam waktu lima tahun bisa menghafalkan keseluruhan Qur’an dengan tartil en irama yang keren abisss? Cekidot beberapa tips dari Syaikh:

1. Beda orang beda cara beda kemampuan

Ini penting banget dipahami, Sob. Bahwa tiap kita punya kemampuan beda-beda dalam menghafalkan Qur’an. Sooo… wajar kalo caranya pun beda-beda. Syaikh mengapresiasi metode baru mengfahal Qur’an di Negara kita: one day one ayat, tapi ya itu tadi. Tiap orang beda-beda, gak bisa disamain. Ada yang dalam waktu 3 bulan udah bisa hafal semua, ada juga yang 1 tahun. 

Syaikh sendiri baru kelar menghafal semua isi Qur’an dalam waktu 5 tahun. Ini beliau lakukan demi menjaga irama agar tetap konstan. 

2. Rajin mendengar murottal

Ini dilakukan demi menjaga irama hafalan Qur’an kita, Sob. 

3. Rajin mengulang

Ngulangnya berapa kali, Nid? Yang jelas sebanyak-banyaknya sampai nempel di otak en hati. Satu ayat diulang 20 kali, 30 kali, 50 kali, pokoknya sebanyak-banyaknya. Beliau gak pernah lanjut ke ayat beriukutnya sampai betul-betul dipastikan hafal satu ayat. 

4. Ada waktu khusus mengulang semua hafalan

Ini dia tantangan terbesar dalam menghafal Qur’an: MENJAGA. Ngafal itu perkara mudah, Sob, menjaganya yang butuh usaha ekstra. Sooo… usahain ada satu hari khusus di antara seminggu buat mengulang semua ayat yang udah kita hafal. Kalo Syaikh yang notabene udah hafal 30 juz, beliau biasa mengulang semua hafalannya dalam waktu lima minggu. Begitu terus demi terjaga apa-apa yang udah dihafal.

Nah… gampang banget kan Sob tips en triknya? Gampang banget! Praktekinnya yang butuh usaha en tekad yang kuat, hehe. Okedeh, pokoknya mesti punya niat en semangat untuk menjadi penghafal Qur’an, ya, biarpun sedikit. Kalo gak punya mah gak keren deh! ^__^ [enje]


Artikel Sebelumnya :

Untitled Document