Untitled Document

Kategori : Sapa Nida

Dibaca : 4318 Kali

Alim yang Dzolim

Sobat Nida, ternyata ada lho orang alim yang dzolim. Banyak malah. Mereka adalah orang-orang yang punya ilmu dan pemahaman tentang Agama, tapi jauh dari pengaplikasian. Jadinya malah membuat orang-orang benci pada Islam. Serem kan... Moga kita gak termasuk ke dalam golongan ini deh. Aamiin.

Orang alim yang dzolim ini bisa terbagi ke beberapa kategori Sob:

1. Dzolim keluarga Ada orang alim yang santun dan sabar dalam melayani Ummat, tapi ternyata untuk keluarganya dia malah cuek bebek dan hanya menyisakan capek.

Kalau kita merasa diri kita berada dalam golongan ini, yuuk sama-sama perbaiki diri Sob! Bukankah Allah memerintahkan kita untuk melindungi diri dan keluarga dari api neraka. Artinya, keluarga juga menjadi prioritas kita dalam berdakwah. Jangan sampai di luar hebat, di dalam malah dapat hujat.

Apakah orangtua sudah kita santuni? Apakah saudara sudah kita pedulikan? Apakah pasangan hidup sudah kita layani? Apakah anak sudah kita didik akhlaknya? Memang, seringkali kita harus lebih bersabar dalam menghadapi keluarga. Tuntutannya lebih banyak, tapi tidak ada alasan bagi kita untuk mengabaikan keluarga meski atas nama dakwah sekalipun.

2. Dzolim Tubuh Ini yang banyak terjadi pada para aktivis. Saking sibuknya, saking banyaknya acara, saking menumpuknya yang harus dikerjakan, sampai-sampai lupa makan. Tidak sadar bahwa tubuh juga memiliki hak untuk diperhatikan dan dirawat.

Sayang kan kalau orang alim jadi dzolim pada tubuh sendiri dengan alasan kesibukan? Padahal kita tahu bersama bahwa Rasulullah Saw. bukanlah seorang yang penyakitan, Allah pun lebih menyukai muslim yang kuat daripada yang lemah. Kalau begitu, ayo jangan bikin badan loyo gara-gara kerja ngoyo!

3. Dzolim Lingkungan Ini yang bikin sedih. Banyak sekali orang alim yang ternyata tidak berbaur dengan lingkungan. Dia tidak kenal tetangganya begitupun sebaliknya, para tetangga gak pada kenal dia. Padahal Rasulullah Saw. mengajarkan kita untuk peduli pada tetangga.

4. Dzolim Sikap Satu lagi yang bikin orang alim berubah jadi dzolim. Yaitu masalah sikap. Bagi orang yang sudah punya ilmu, mustinya akhlak dan sikapnya lebih baik dari orang yang gak berilmu doong, betul ga? Tapi ada loh orang alim yang sikapnya malah nggak banget.

Bisa jadi karena amanahnya banyak, tiap ketemu orang selalu pasang tampang galak. Untung gak menyalak.

Ada juga yang gampang mendendam. Orang lain berbuat salah sedikit, disimpen terus dalam ingatan. Bahkan diungkit-ungkit mulu tiap pertemuan.

Meskipun orang alim juga manusia, yang punya rasa punya hati, dan bukan malaikat, tapi ilmu yang dimilikinya menuntutnya untuk berakhlak lebih baik daripada orang awam. Itulah pentingnya saling memberi peringatan. Namanya manusia bisa khilaf, lupa dan lalai. Tapi kalau khilafnya tiap hari kan gak oke jadinya. Betul gak Sob?

Semoga Allah berkenan memberikan kita ilmu dan memampukan kita untuk mengamalkan lewat perbuatan. Sehingga kita menjadi orang alim gak pake dzolim. Aamiin.

Wassalaam

 

 

*gambar: Google


Artikel Sebelumnya :

Untitled Document