Allah Tidak Akan Pernah Bosan Hingga Hamba-Nya Sendiri yang Bosan

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, memperbanyak ibadah memang bagus, tapi segala sesuatu yang berlebihan Allah juga tidak menyukainya. Termasuk dalam urusan beribadah.
 
Hal ini pernah terjadi di masa Rasulullah, di mana ada sahabatnya yang berlebihan dalam melaksanakan ibadah.
عَنْ أَنَسٍ قَالَ
دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَسْجِدَ وَحَبْلٌ مَمْدُودٌ بَيْنَ سَارِيَتَيْنِ فَقَالَ مَا هَذَا قَالُوا لِزَيْنَبَ تُصَلِّي فَإِذَا كَسِلَتْ أَوْ فَتَرَتْ أَمْسَكَتْ بِهِ فَقَالَ حُلُّوهُ لِيُصَلِّ أَحَدُكُمْ نَشَاطَهُ فَإِذَا كَسِلَ أَوْ فَتَرَ قَعَدَ
 
Dari Anas ia berkata; "Suatu ketika, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk Masjid. Lalu beliau melihat seuntai tali yang terbentang di antara dua tiang, maka beliau pun bertanya: 'Tali apa ini? ' Mereka menjawab, 'Tali yang dibentangkan oleh Zainab dan digunakannya shalat. Bila ia malas atau letih, maka dia akan berpegangan dengan tali itu.' Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Lepaskanlah tali itu. Hendaklah salah seorang dari kalian shalat ketika kondisi semangat. Sedangkan jika ia malas atau letih, hendaklah ia duduk.'" (HR Muslim No 1306)
 
Atau disebutkan dalam riwayat lain bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam bersabda,
 
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدِي امْرَأَةٌ فَقَالَ مَنْ هَذِهِ فَقُلْتُ امْرَأَةٌ لَا تَنَامُ تُصَلِّي قَالَ عَلَيْكُمْ مِنْ الْعَمَلِ مَا تُطِيقُونَ فَوَاللَّهِ لَا يَمَلُّ اللَّهُ حَتَّى تَمَلُّوا وَكَانَ أَحَبَّ الدِّينِ إِلَيْهِ مَا دَاوَمَ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ
 
Dari Aisyah ia berkata; "Suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam masuk ke dalam rumahku, yang saat itu saya bersama dengan seorang wanita. Maka beliau pun bertanya: 'Siapa wanita ini? ' Saya menjawab, 'Ia adalah seorang wanita yang tidak pernah tidur karena selalu menunaikan shalat sepanjang malam.' Maka beliau bersabda: 'Beribadahlah kalian sesuai dengan kemampuan kalian. Demi Allah, Dia tidak akan pernah bosan hingga kalian sendiri yang bosan. Dan amalan agama yang paling dicintai olehNya adalah yang dikerjakan dengan kontinyu oleh pelakunya.'" (HR Muslim No 1308)
 
Maksud hadits di atas tentunya bukan bermaksud untuk menghalangi atau melarang seseorang dalam beribadah, Sob. Tetapi, hadits di atas justru menjelaskan dan mengajarkan kepada kita supaya tidak berlebihan dan memaksakan diri dalam beribadah sehingga meninggalkan kewajiban kita yang lain. Amalan kebaikan untuk bekal dunia dan akhirat haruslah seimbang.
 
Bukan tanpa sebab ya Sob. Kita semua mungkin menyadari bahwa untuk bisa istiqamah dalam beribadah itu nggak mudah. Oleh sebab itulah, diutamakan untuk melaksanakan ibadah yang sedikit tapi berkesinambungan, daripada banyak tapi jarang dilakukan. Karena ibadah yang sedikit tapi dilakukan secara terus-menerus itu dapat membantu kita untuk tetap berusaha istiqamah di jalan-Nya.
 
Wallahua'lam bishowab.

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...