Alasan yang Perlu Kamu Tahu Kenapa Sarapan itu Penting

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, seperti yang kita ketahui bahwa sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun kelihatannya sepele sih ya. Apalagi buat yang selama ini memang terbiasa jarang sarapan.

Nah apa aja sih manfaat sarapan yang sebenarnya?

1. Menurunkan berat badan

Loh, sarapan kok malah bisa menurunkan berat badan, gimana bisa?

Bisa!

Jadi, ketika ketika tidak ada makanan di dalam tubuh, secara otomatis kalori dibakar perlahan-lahan untuk menghemat energi. Nah, dengan sarapan, pembakaran kalori menjadi lebih efisien sepanjang hari tersebut.

Menurut sebuah penelitian di American Journal of Epidemologi pada tahun 2003 menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung 4,5 kali menjadi lebih gemuk daripada orang yang selalu menyempatkan waktu untuk sarapan.

2. Meningkatkan kemampuan otak

Sebuah studi yang melibatkan 319 remaja berusia 13 hingga 20 tahun dalam Journal of Adolescent Health menjelaskan bahwa mengonsumsi makanan tinggi energi saat sarapan bisa membantu dalam meningkatkan memori jangka pendek. Para peneliti juga menemukan bahwa mengkonsumsi makanan berkalori tinggi saat sarapan dapat menghambat konsentrasi.

3. Memberikan energi

Mengonsumsi sarapan yang tinggi seraat dan rendah karbohidrat nisa membantu seseorang lebih berenergi dan menjaga tubuh dari rasa lelah sepanjang hari.

4. Mengurangi resiko diabetes dan kardiovaskular

Selain itu, sarapan pagi ternyata juga mengurangi resiko penyakit diabetes tipe dua dan kardiovaskular.

Orang yang selalu sarapan cenderung memiliki kadar gula darah yang baik dan tidak cepat lapar di siang harinya, menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2003 pada konferensi tahunan American Heart Association.

5. Mengembalikan metabolisme tubuh

Kadar gula dalam tubuh ketika bangun tidur menurun dratastis, sebab tubuh tidak mengonsumsi apapun ketika tidur. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari berfungsi sebagai sumber energi, namun jika seseorang tidak sarapan, tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangin ini akan menyebabkan ketidakseimbangan metabalisme pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti magg.

Itu dia beberapa manfaat sarapan. Ternyata nggak bisa dianggap sepele ya Sob?

Semoga Sobat Nida bisa membiasakan sarapan ya.


Sumber: Berbagai sumber

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...