5 Tips Agar Rajin Bangun Shalat Subuh

Fashion-Styles-for-Girls-Online

Sobat Nida, ada yang selama ini kesulitan untuk melaksanakan shalat Subuh tepat waktu? Padahal udah pasang alarm hp. Ada juga yang udah susah payah dibangunin sama orang lain tapi masih aja susah bangun buat shalat subuh.

Padahal shalat Subuh itu memiliki banyak keutamaan lho.

Allah SWT berfirman:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْـفَجْرِ ۗ  اِنَّ قُرْاٰنَ الْـفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

"Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) subuh. Sungguh, sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra' [17]: 78)

Nah Nida punya tips nih supaya Sobat Nida nggak kesiangan lagi shalat Subuhnya.

1. Niat
Niat ini pentng banget nih. Tahu kan, kalau semua perbuatan kita itu juga dinilai dari niatnya? So, ada baiknya setiap malam sebelum tidur udah punya niat supaya bangun Subuh tepat waktu. Ya syukur-syukur bisa shalat tahajjud dulu. 

2. Berwudhu
Salah satu sunnah kita sebagai ummat muslim adalah menjaga wudhu, bahkan sampai sebelum tidur pun kita dianjurkan untuk tetap berwudhu.

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَقِيمُوا وَلَنْ تُحْصُوا وَاعْلَمُوا أَنَّ خَيْرَ أَعْمَالِكُمْ الصَّلَاةَ وَلَا يُحَافِظُ عَلَى الْوُضُوءِ إِلَّا مُؤْمِنٌ

Dari Tsauban ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Beristiqamahlah kalian, dan sekali-kali kalian tidak akan dapat menghitungnya. Dan beramallah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah shalat, dan tidak ada yang menjaga wudlu kecuali orang mukmin." (HR Ibnu Majah No 273)

3. Berdo'a
Jangan lupa sebelum tidur berdo'a dan berdzikir ya Sob. In shaa Allah selain akan senantiasa dijaga oleh Allah dari segala macam gangguan jin dan setan saat tidur, juga mendapatkan pahala dong.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ قَالَ
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا

Dari Hudzaifah bin Yaman dia berkata; "Apabila Nabi shallallahu 'alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: 'Bismika amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup).' (HR Bukhari No 5837)

4. Tidak begadang 

Begadang ini penyakit banget ya. Apalagi buat anak-anak muda, kadang sampe pagi masih nongkrong sama temen-temen, mainan hp, nonton drakor, dan sebagainya. Padahal kebiasan begadang ini memiliki banyak akibat negatif, dan Rasulullah pun melarangnya.

عَنْ أَبِي بَرْزَةَ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْ النَّوْمِ قَبْلَهَا وَالْحَدِيثِ بَعْدَهَا

Dari Abu Barzah ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang tidur sebelum isya dan bercakap-cakap setelahnya." (HR Abu Daud No 4209)

5. Paksain bangun meskipun males
Nah kadang nih ya, meskipun udah denger bunyi alarm pas adzan Subuh di Masjid, tetep aja nggak mau bangun. Alarm hp mah diabaikan aja (cie Nida curhat).

Jadi kalau kamu punya kebiasaan buruk kayak gini, ada baiknya mulai dibiasakan buat segera bangun, berdo'a dan ambil wudhu pas udah masuk waktu shalat. Jangan dibiasain tidur lagi, yang ada malah bablas.

عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنْ اللَّيْلِ قَالَ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ نَمُوتُ وَنَحْيَا وَإِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Dari Abu Dzar dia berkata, "Apabila Rasulullah Shallalahu 'Alaihi Wasallam hendak berbaring di malam hari beliau membaca: 'ALLAAHUMMA BISMIKA NAMUUTU WANAHYAA (Ya Allah dengan nama-Mu aku mati dan hidup) ', dan jika bangun tidur beliau membaca: 'AL HAMDULILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan hanya kepada-Nyalah kami kembali) '." (HR Ahmad No 20404)

Wallahua'lam bishowab. Semoga bisa membantu Sobat Nida biar bisa shalat Subuh tepat waktu ya ...
 
Foto ilustrasi : Google

Yuk, Jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan. Dapat Majalah Ummi (free ongkir)

Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#Telp#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer

Tags:
loading...